Bagian Bawah Kiri Perut Sakit saat Sanggama

SAYA ibu rumah tangga berusia 26 tahun. Pekan kemarin saya merasakan sakit/ngilu di bagian bawah kiri perut kalau sedang berhubungan intim. Akhirnya saya periksa ke dokter spesialis kandungan. Kata dokter terjadi peradangan di jalan masuk, penyebabkan karena bakteri yang mungkin masuk. Sementara kalau rahimnya tidak apa-apa.


Akhirnya, saya diberi antibiotik. Selama dua pekan saya sengaja tidak berhubungan intim, perut bagian bawah dan pinggang terasa pegal, tetapi tidak terlalu sakit seperti waktu belum berobat.

Semalam saya mencoba berhubungan intim lagi, saya merasa sakit kalau pada posisi tertentu, dan tidak sakit kalau posisi saya berbaring. Padahal sebelumnya, saya tidak pernah merasakan sakit meskipun dalam posisi apapun.

Yang ingin saya tanyakan adalah sebenarnya sakit yang saya derita ini seharusnya ke dokter penyakit dalam atau kandungan? Kira-kira apa yang menyebabkan rasa sakit itu? Terima kasih.

Yuni Astuti


Jawaban:

Keluhan yang disampaikan kemungkinan adanya infeksi di saluran telur kiri/ adnexitis, seperti yang dokter ibu sampaikan. Hanya keluhan masih ada, berarti belum terselesaikan karena kemungkinan keadaan sakit ini kronik/ proses lama. Sehingga pengobatannya juga butuh waktu yang lebih panjang dan khusus.

Saran saya, kembali ke dokter spesialis kandungan yang telah memberikan pengobatan pertama untuk mendapatkan pengobatan selanjutnya.


Dokter O
(Dr Nugroho Setiawan SpAnd)

Rumah Sakit Internasional Bintaro

Jalan Thamrin Bintaro Sektor IX, Tangerang

(021) 745550

(ali/net)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Bagian Bawah Kiri Perut Sakit saat Sanggama"